Nabi Isa Akan Turun Kembali Ke Dunia sebagai Nabi dan Rosul

Apakah benar Nabi Isa a.s akan turun kembali kedunia sebagai Nabi dan Rosul,Padahal Nabu Muhammad S.a.w adalah Nabi terakhir ?

Kita wajib berkeyakinan bahwa Nabi Isa a.s itu akan diturunkan kembali kedunia pada akhir zaman nanti sebagai Nabi dan Rosul yang melaksanakan syari’at Nabi Muhammad S.a.w, dan hal itu tidak berarti menghalangi Nabi Muhammad S.a.w sebagai Nabi yang terakhir, sebab Nabi Isa a.s hanya akan melaksanakan syari’at Nabi Muhammad S.a.w, sedangkan mazhab 4 pada waktu itu hapus (tidak berlaku).
Keterangan dalam kitab Syarah Ar-Roudh Juz III:

قال تعالى ولكن رسول الله وختم النبين ولايعارضه ماثبت من نزول عيسى عليه السلام أخرالزمن لانه لايأتي بطريقة ناسحة بل مقررة لشريعة نبينا صلى الله عليه وسلم عاملابها

Alloh berfirman ( al ahzab 40 )

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيماً

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
Firman Alloh tersebut tidak bertentangan dengan hadist yang menjelaskan tentang turunnya Nabi Isa a.s diakhir zaman, karena ia tidak akan datang dengan ajaran yang menghapuskan ajaran Nabu muhammad S.a.w namun justru akan menetapkannya dan mengamalkannya.

سئل نفع الله به بما لفظه احمعواعلى أن عيسى يحكم بشريعتنا فما كيفية حكمه بذلك بمذهب أحد من المحتهدين أم باحتهد ؟ فأجاب بقوله عيسى عليه السلام منزه عن أن يقلد غيره من بقيه المجتهدين بل هوأولى بالاجتهاد إه (في الفتاو الحديثية)

Beliau ditanya mudah-mudahan Alloh memberi manfaat terhadap ilmu beliau, dengan statemen: Para ulama’ sepakat bahwa Isa akan melaksanakan hukum berdasarkan syari’at kita (Islam), maka bagaimanakah cara pelaksanaan hukumnya, apakah berdasarkan salah satu mazhab dari mazhab-mazhab yang ada ataukah berdasarkan ijtihad? Jawabnya adalah, bahwa Isa a.s itu tersucikan dari ikut menjadi muqollid terhadap imam-imam mujtahid, bahkan ia lebih utama untuk berijtihad sendiri.

فانظرياأخي إلى العين في أسفل الشجرة وإلى الفروع والاغصان والثمار تجدها كلها متفرعه من عين الشريعه إلى أن قال:إلي أن يخرج المهدي عليه السلام فيبطل في عصره التقيد بالعمل بقول من قبله من المذاهب كماصرح به أهل الكشف إلى أن قال:ثم اذانزل عيسى عليه السلام انتقل الحكم إلى أمر آخروهوانه يوحى إلى السيد عيسى عليه السلام بشريعة محمد صلى الله عليه وسلم على لسان حبريل عليه السلام.إه.(ميزان الشعراني الجزء الأول)

Maka lihatlah wahai saudaraku apa yang ada dibawah pohon dan cabangnya,rantingnya serta buahnya,maka anda akan mendapatkan semuanya bercabang dari inti syariat,…..sampai keluarnya Imam Mahdi yang akan membatalkan amalan yang berdasarkan taklid  pada mazhab-mazhab yang ada pada masanya seperti telah dijelaskan oleh para ahli khasaf,…..sampai kemudian Isa a.s turun,maka bergantilah hukum ke yang lainnya dan bahwasannya ia mendapatkan wahyu untuk melaksanakan syari’at Muhammad S.a.w melalui lisan Jibril a.s.