Sholat Jum’at Sebagai Pengganti Sholat Dzuhur bagi Wanita

Bagaimana tentang Kaum Wanita yang mengikuti Sholat Jum’at.Cukupkah sebagai ganti Sholat Dzuhur mereka ? Manakah yang lebih utama; Sholat Dzuhur berjamaah bersama wanita atau Sholat Jum’at?

Sholat Jum’at bagi kaum wanita itu cukup sebagai pengganti Sholat Dzuhur, dan bagi kaum wanita tidak cantik, tidak banyak aksi dan tidak bersolek itu sebaiknya menghadiri Sholat Jum’at.
Keterangan dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin bab “Sholat Jum’at” dan juga dalam kitab al-Syarah Muhadzdzab dan kitab Muhibah Dzil Fadhl:

مسئالة) يحوزلمن لاتلزمه الحمعة كعبدومسافروامرأة أن يصلي الحمعة بدلاعن الظهروتجزئه بل هي أفضل لانهافرض أهل الكمال ولاتحزإعادتهاظهرابعدحيث كملت شروطها (بغية المسترشدين في باب صلاة الجمعة ومثل مافي المهذب وموهبة ذي الفضل

Diperkenankan bagi mereka yang tidak berkewajiban jum’at seperti budak, musafir, dan wanita untuk melaksanakan Sholat Jum’at sebagai pengganti Dzuhur, bahkan Sholat Jum’at lebihbaik, karena merupakan kewajiban bagi mereka yang sudah sempurnamemenuhi syarat dan tidak boleh diulangi dengan Sholat Dzuhur sesudahnya, sebab semua syarat-syaratnya sudah terpenuhi secara sempurna.